Pages

Senin, 04 Maret 2013

Perbedaan Sistem Operasi Linux, Windows, dan Machintosh.

Kali ini saya mencoba memposting artikel tentang teknologi yang tidak jauh-jauh dari bidang saya, yaitu teknik informatika. kebetulan kemarin saya mendapatkan tugas untuk membuat perbandingan antara sistem operasi Linux, Windows, dan Machintosh. mau tau perbedaannya? silahkan lanjutkan bacaan anda dibawah ini. selamat membaca :).

1. Dari segi biaya.
Linux : sangat terjangkau bahkan gratis.
Windows : harga tergolong mahal.
Machintosh : harga tergolong mahal.

2. Dari segi tampilan.
Linux : tergolong untuk advance user/user lanjutan
Windows : tergolong mudah digunakan oleh user apapun/friendly user
Machintosh : hampir mirip dengan windows dari segi pemakaian tapi tergantung user juga.

3. Dari segi keamanan.
Linux : tergolong sangat-sangat aman dari serangan virus maupun hacker.
Windows : sangat rentan oleh serangan virus dan hacker.
Machintosh : sangat rentan oleh serangan virus dan hacker tapi machintosh masih lebih baik dari pada windows kalau dari segi keamanan.

4. Dari segi license.

Linux : open source. Siapapun boleh merubah isi didalam os varian linux.
Windows : close source. Hanya pengembang os saja yang berhak untuk merubah isi dalamnya os.
Machintosh : close source. Hanya pengembang os saja yang berhak untuk merubah isi dalamnya os.

5. Dari segi hardware pendukung.
Linux : tidak perlu menggunakan hardware yang canggih ataupun yang high requirement. Tidak perlu membutuhkan HDD, RAM yang besar dan procecor yang tinggi.
Windows : harus membutuhkan requirement yang tergolong tinggi tergantung dari versinya semakin baru versinya semakin tinggi requirementnya.
Machintosh : harus menggunakan hardware keluaran apple / exclusive.

6. Dari segi kegunaan.

Linux : karna aman dari serangan virus dan hacker. Linux kebanyakan digunakan untuk computer server.
Windows : karna penggunaan cukup friendly. Windows kebanyakan digunakan untuk gaming ataupun membantu urusan perkantoran/belajar dan mengajar.
Machintosh : karna tergolong os yang exclusive. Machintosh kebanyakan hanya untuk lifestyle dan kebanyakan user juga menggunakan machintohs untuk computer design.

7. Dari segi kepopuleran.
Linux : karna kebanyakan user linux adalah orang-orang yang ahli dalam bidang informatika, jadi linux hanya populer di dunia informatika saja.
Windows : karna kemudahannya dalam penggunaan, windows sangat-sangat populer dan menjadikannya salah satu os paling populer didunia.
Machintosh : karna ke eksklusifannya, machintosh hanya populer disebagian orang yang exclusive juga. Tapi machintohs masih unggul dari pada Linux kalau dari segi kepopuleran.

 8. Dari segi software pendukung.

Linux : karna linux adalah os open source yang free/gratis. Jadi sedikit software yang ingin kerja sama dengan linux. Karna hal itu linux tidak didukung banyak software-software unggulan seperti microsoft office, adobe photoshop, dan software game.
Windows : karna os ini adalah sifatnya berbayar, jadi banyak software yang ingin berkerja sama dengan windows untuk mendapatkan keuntungan juga. Karna hal ini windows didukung oleh software-software unggulan seperti adobe dll.
Machintosh : hampir sama seperti windows. Machintosh juga memiliki software exclusive yang hanya bisa jalan di machintosh saja.

sekiranya seperti itu perbedaan antara linux, windows dan machintosh. dan perlu saya ingatkan dari 8 perbedaan itu kebanyakan adalah perbedaan yang sifatnya relatif. mungkin dikemudian hari saya akan memposting kembali tentang perbedaan yang lebih spesifik lagi.

terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar